Istilah Dalam Dunia Percetakan


Halo sobat kertas di mana pun Anda berada! Mari kita mengenal istilah-istilah dalam dunia percetakan. Banyak pertanyaan yang bertanya apa itu Dummy dalam percetakan? Apa arti Saturasi cetak? Dan banyak lagi macam-macam istilah dunia percetakan yang perlu sobat kertas pahami dan ketahui, terutama bagi Anda yang ingin berkecimpung di dunia percetakan.

Berikut jenis-jenis istilah dalam Dunia Percetakan yang perlu Anda ketahui:

Art Work 
Art work adalah materi yang menggunakan semua salinan sesuai cetak, termasuk jenis huruf, foto dan ilustrasi yang diperlukan untuk proses pencetakan.

Additive Color
Istilah yang satu ini memiliki makna sebagai warna primer dan terdiri dari beberapa warna diantaranya Red, Green dan Blue (RGB). Jika ketiga warna tersebut digabungkan akan menghasilkan warna primer putih.

Bipad Number
Bipad adalah rangkaian nomor yang unik yang terlihat pada barcode. Ketika barcode di scan, komputer akan membaca nomor pada database yang menginformasikan nama majalah, nomor edisi, harga dan ketersediaan. Bipad number dibutuhkan untuk pembuatan barcode.

Bitmap
Bitmap adalah file — gambar maupun teks — yang dibentuk dari pola titik raster (pixel). Susunan pola titik raster tersebut akan membentuk image maupun teks. Format data yang menghasilkan gambar bitmap adalah: jpg, eps, tiff, gif dan paint.

Bleed
Area yang tersisa pada kertas setelah proses potong sesuai ukuran cetak. Mesin potong kertas tidak seakurat mesin cetak. Ketika majalah dipotong dalam ukuran jadinya, hampir dipastikan ada bagian-bagian yang tidak terpotong sesuai ukuran jadinya. Pemberian bleed pada image dapat memastikan tidak adanya sisi putih kertas pada bagian pinggir halaman.

Board Paper
Kertas dengan berat diatas 200 gsm.

Broadsheet
Istilah untuk materi yang dicetak pada selembar kertas ukuran besar. Contoh ukuran koran.

Cast
Merupakan unwanted color yang berarti efek warna yang tak diinginkan, contohnya warna bluish (kebiruan) dan yellowish (kekuningan).

CMYK
Cyan (biru), Magenta (merah), Yellow (kuning) dan Black (hitam) adalah empat warna tinta yang digunakan dalam proses cetak. Warna-warna yang dihasilkan dalam image cetak merupakan gabungan dari keempat warna tersebut. Warna CMYK merupakan model warna yang dipengaruhi pigmen yang berasal dari tinta dan kertas yang dipergunakan.

Color Management System (CMS)
Adalah sistem software yang dipergunakan untuk memperoleh warna konsisten dengan menggunakan peralatan input maupun output yang berbeda. Biasanya hasil dari cetakan tersebut akan sesuai dengan aslinya.

Cetak Gravure
Merupakan sebuah teknik mencetak yang memakai silinder untuk acuan proses percetakan.

Cetak Fleksografi
Merupakan sebuah teknik yang memakai plat karet sebagai acuan cetaknya.

Continous Tone 
Merupakan gambar yang tersusun dari nada uang yang sangat halus. Continous Tone : Biasa disebut juga contone. Merupakan image/gambar foto maupun hasil ilustrasi yang tidak berupa titik raster.

Cetak Offset
Merupakan teknik percetakan yang menggunakan plat datar untuk acuannnya.

Coated Paper
Kertas yang memiliki permukaan licin (memiliki lapisan pada permukaannya). Mencetak di coated paper akan menghasilkan cetakan yang lebih bersih dan lebih tajam karena tinta tidak banyak terserap ke dalam kertas. Contoh adalah Art Paper (AP).

Color Control Bar
Sebuah lajur yang terdiri dari blok-blok warna pada printout atau lembar cetakan, yang berfungsi untuk mengevaluasi beberapa tur seperti density dan dotgain. Biasa juga disebut Color Bar, Color Guide, atau Standar Offset Color Bar.

Crop Mark (Paskris/Kris)
Garis yang dibuat pada sisi image sebagai tanda ukuran potong. Disebut juga garis potong.

Duotone 
Merupakan proses mencampur dua warna yang terdiri dari warna khusus dan warna hitam.

Digital Printing 
Merupakan teknologi percetakan tanpa menggunakan acuan sehingga prosesnya langsung dilakukan dari data digital, maka dari itu disebut dengan teknik digital printing.

Delta E 
Merupakan jumlah perbedaan nilai dari dua jangkauan warna pada CIELAB.

Densitometer
Alat yang digunakan untuk mengukur density. Densitometer refleksi mengukur cahaya yang dipantulkan dari permukaan kertas atau permukaan lainnya. Densitometer transmisi mengukur cahaya yang diteruskan pada lapisan atau media transparansi lainnya.

Density
Arti pertama Density tinta, menunjukan ketebalan tinta cetak. Arti yang kedua adalah Density warna, menunjukan seberapa penyerapan pada cahaya yang dipantulkan pada warna tersebut. Arti ketiga Density kertas, menunjukan kerapatan serat kertas.

Digital Color Proof
Acuan cetak yang warnanya telah dikontrol menggunakan software tertentu sehingga hasilnya mendekati warna yang dihasilkan mesin cetak.

Digital Proof
Acuan cetak (berupa halaman) yang dihasilkan dari data digital menggunakan printer laser maupun ink-jet.

Dot Gain
Menunjukan seberapa besar tinta meresap kedalam kertas. Semakin tinggi dotgain gambar akan semakin gelap dan kehilangan kontrasnya. Ditunjukkan dalam prosentase.

DPI
Dot Per Inch (titik per inci), ukuran jumlah kepadatan titik raster per inci. Semakin tinggi angka dpi maka semakin detil gambar. Standar cetak adalah 300 dpi untuk coated paper dan 220 dpi untuk uncoated paper.

Dummy
Simulasi dari produk jadi, disebut juga mockup.

Emboss
Efek yang dihasilkan dari pemberian tekanan pada kertas, sehingga memberikan kesan timbul pada gambar maupun teks.

Eks
Satuan banyaknya quantity (Pcs).

FM Screening
Merupakan metode yang dilakukan dengan mereproduksi gambar sesuai besar titik yang sama tetapi jaraknya berbeda.

Film
Lembaran plastik yang digunakan sebagai media transfer teks mau-pun gambar saat pembuatan plate cetak.

FTP
Singkatan dari File Transfer Protocol. FTP memungkinkan untuk meng-copy dan mengirim file (teks, image, layout halaman) dari satu computer ke computer lainnya melalui internet.

Gate Fold
Lembaran yang kedua sisinya melipat kearah luar atau dalam cover. Merupakan variasi dari cover.

Grayscale
Image yang hanya menggunakan satu warna, yaitu hitam. Tampilan image hanya berupa gambar hitam putih berikut gradasinya.

Gutter
Bagian tengah, area yang terlipat pada majalah.

Halftone
Merupakan image/gambar yang dihasilkan dari titik raster. Gambar halftone muncul pada plate cetak dan hasil cetakan.

Image Area
Bidang sebenarnya pada barang cetakan.

Imposisi
Pengaturan halaman-halaman sehingga akan muncul dalam urutanyang tepat setelah lembar cetakan dilipat dan dijilid.

Jaggies
Istilah yang digunakan untuk menyebut image (gambar/foto) atau teks yang memiliki resolusi rendah sehingga terlihat “bergerigi” pada tampilan monitor maupun tampilan cetaknya.

Jilid atau Penjilidan
Sebuah cara untuk menggabungkan halaman-halaman menjadi bentuk majalah ataupun tabloid. Pilihan jilid yang umum adalah jilid kawat dan jilid lem.

JPEG
Singkatan dari Joint Photographic Expert Group, merupakan salah satu format file untuk image warna maupun hitam putih. Kapasitas ukuran format JPEG umumnya lebih kecil dibanding format Tiff maupun Eps.

Katern (Signature)
Pengelompokan 8-16 halaman. Kebanyakan dari ukuran kertas yang ada dapat mencetak sekaligus 16 halaman dalam satu lembarnya.

LPI
Singkatan dari Lines Per Inch. Merupakan ukuran kerapatan raster dalam sebuah image. Bilangan dalam LPI merupakan setengah dari DPI (dot per inch). Contoh 150 LPI = 300 DPI.

Ligthness
Merupakan nilai terang atau gelapnya sebuah warna.

Make Ready (Set up)
Seluruh aktiftas yang dibutuhkan untuk menyiapkan mesin cetak ataupun mesin jilid sehingga siap untuk proses produksi

Margin
Area yang tidak tercetak disekeliling materi/halaman.

Moire
Pola (kotak-kotak maupun diamond) yang muncul pada hasil cetak maupun hasil scan. Pola ini muncul karena model halftone tidak selaras dengan raster cetaknya. Moire merupakan pola yang tak diinginkan pada hasil cetakan dan menjadi hasil susunan yang berbeda dari dua raster.

Offset
Salah satu tehnik cetak. Yaitu proses transfer tinta dari plate cetak ke blanket kemudian ke kertas. Ada dua jenis cetak offset berdasarkan input kertas, yaitu: Cetak sheet (sheet feed), mencetak menggunakan kertas yang sudah terpotong lembaran. Cetak web (web printing), mencetak menggunakan kertas yang berupa gulungan.

Overprint
Pengertian pertama yaitu mencetak sebuah image pada image yang telah tercetak sebelumnya. Pengertian yang kedua yaitu Overprint pada software grats berarti teks dan warna akan bercampur dengan image dan warna yang ada pada sisi bawahnya.

Pagination
Penomoran halaman.

PDF
Kepanjangan dari Portable Document Format atau disingkat PDF adalah format file digital yang diciptakan agar dapat dibuka dan dilihat pada berbagai jenis sistem komputer (Macintosh, Windows atau UNIX) tanpa menimbulkan masalah.

Perfect Binding
Salah satu tehnik jilid, yaitu menggunakan lem saat proses menyatukan halaman-halamannya.

Perfecting Press
Proses mencetak pada kedua sisi kertas dengan satu kali lintasan cetak.

Perforating
Garis horizontal maupun vertical yang terbentuk dari titik-titik lubang kecil yang berfungsi untuk mempermudah menyobek lembaran cetak.

Picking
Tercabutnya lapisan kertas atau serat oleh tinta cetak, sehingga menimbulkan titik putih pada daerah cetak.

Pixel
Singkatan dari picture element, yaitu titik yang dibentuk oleh scanner atau media digital lainnya.

Plate
Lembaran yang terbuat dari kertas, logam maupun karet yang berfungsi sebagai media pembawa image saat proses cetak.

Point
Ada dua arti, yaitu pada kertas berarti ukuran ketebalan kertas (1 point = 1/1000 inch). Dan arti yang kedua pada huruf ukuran tinggi huruf (1 point = 1/12 pica atau.013875 inch (.351mm)).

Printer Inkjet
Printer yang bahan baku untuk mencetaknya menggunakan bahan cairan berupa tinta.

Printer Laserjet
Printer yang bahan baku untuk mencetaknya menggunakan serbuk padat yang disebut toner.

Raster Image Processing
Adalah komponen yang digunakan dalam pencetakan sistem yang menghasilkan raster image juga dikenal sebagai bitmap.

Resolusi
Gambar pada monitor komputer dibentuk oleh titik-titik kecil cahaya (pixels). Titik-titik ini menimbulkan kesan seolah-olah ada gambar pada monitor. Resolusi menunjukan jumlah titik (dots) per inch. Semakin tinggi resolusi semakin detil gambarnya.

RGB
Red, Green and Blue, ini adalah tiga warna cahaya. Penggunaan jenis warna ini hanya untuk tampilan di monitor, tapi bukan untuk dicetak. Tinta cetak tidak dapat mengikuti keseluruhan jenis warna yang dihasilkan oleh warna RGB. Oleh karena itu tinta cetak menggunakan jenis warna CMYK.

Rim
Satuan pak dalam percetakan, 1 Rim berisi 500 lembar.

Sans Serif
Tipe huruf yang tidak “memiliki kaki”. Contoh dari tipe huruf ini Arial, Helvetica dan Verdana.

Save Area/Live Area
Daerah pada halaman majalah yang akan tercetak.

Save Text Area
Area dimana teks tidak terpotong atau terlipat saat proses penjilidan dan potong. Jarak teks dari pinggir halaman adalah 3mm untuk single page dan 8 mm untuk spread.

Separasi
Proses pemisahan gambar warna saat pembuatan film menjadi empat bagian warna yaitu cyan, magenta, yellow dan black.

Serif 
Tipe huruf yang “memiliki kaki”. Contoh dari tipe huruf ini adalahTimes Roman, Palatino dan Garamond.

Setoff 
Proses yang tidak diharapkan, yaitu menempelnya tinta basah pada lembaran cetak yang ditumpuk diatasnya.

Spot Color 
Warna khusus yang dibuat dengan percampuran warna, diluar CMYK. Pada proses cetak, spot color menggunakan plate tersendiri. Proses laminating maupun UV bisa juga disebut spot color.

Stitch Binding/Saddle Stitch 
Salah satu tehnik jilid, yaitu menggunakan kawat untuk menyatukan halaman-halaman.

Screen Printing
Merupakan sebuah teknik mencetak yang memakai silk screen untuk acuan cetaknya.

Saturasi
Merupakan intensitas sebuah warna atau kejenuhan warna.

Spectrophotometer
Merupakan alat pengukur cahaya yang dipantulkan atau diteruskan yang melalui spectrum warna. Biasanya alat ini digunakan pada pembuatan profile cetak printing maupun offset.

Screen Angle
Merupakan sudut raste yang dipergunakan untuk reproduksi cetak.

Spot Color
Merupakan warna khusus yang dipergunakan karena adanya keterbatasan warna pada proses.

Total Area Coverage
Jumlah total prosentase raster pada komposisi warna proses. TAC tergantung pada jenis kertas apa materi akan dicetak. Untuk kertas uncoated TAC yang dibutuhkan antara 220-240%. Kertas coated TAC yang dibutuhkan antara 300-340%.

Trim Size
Ukuran akhir sebuah media (buku atau majalah) setelah proses potong.

Uncoated Paper
Kertas yang tidak memiliki lapisan pada permukaannya. Contoh kertas ini adalah kertas Koran dan HVS.


UV Coating

Proses melapisi lembaran cetak dengan cairan kimia tertentu dan dikeringkan dengan ultra violet.

Vector
Adalah file (gambar maupun teks) yang dibentuk dari pola garis (path). File ini umumnya dibuat menggunakan software desain seperti Ilustrator, Freehand dan Corel Draw. Gambar maupun teks yang berupa vector dapat diperbesar tanpa mempengaruhi kualitas gambarnya.

Vernish
Proses melapisi lembaran cetak dengan cairan kimia tertentu dengantujuan untuk melindungi permukaan hasil cetak dan memberikan kesan tampilan yang berbeda, contohnya kilap (glossy) maupun redup (dop).

Web Offset
Merupakan jenis mesin cetak yang dipakai untuk mencetak Koran.

Waste
Kertas yang terbuang atau rusak selama proses persiapan cetak ataupun persiapan jilid.


Demikianlah berbagai istilah dalam dunia percetakan di atas yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga bisa menambah ilmu dan wawasan Anda dan dapat diterapkan saat Anda terjun dalam dunia percetakan.  

Salam dunia kertas!