Kata Bijak dan Kalimat Inspirasi Petuah Gus Dur

INSPIRASI HARI INI dari Kata-Kata Bijak K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

K.H. Abdurrahman Wahid atau akrab kita kenal dengan sapaan Gus Dur adalah salah satu presiden kita, Presiden Republik Indonesia yang keempat yang menjabat dari tahun 1999 sampai tahun 2001.

Gus Dur terlahir dengan nama Abdurrahman ad-Dakhil pada tanggal 7 September 1940, di Jombang, Jawa Timur. Gus Dur mempunyai 5 saudara, dan merupakan anak pertama dari 6 saudara.

Ayah Gus Dur bernama K.H. Wahid Hasyim yang merupakan putra dari K.H. Hasyim Asy’ari, pendiri Jam’iyah Nahdlatul Ulama (NU).

Gus Dur adalah tokoh besar nasional yang dikagumi kaum muslim maupun non muslim di nusantara, yang berjasa membangun toleransi, demokrasi bangsa Indonesia. Gelar Sang Guru Bangsa sangatlah pantas disemantkan pada diri Gus Dur.

Gus Dur meninggal di Jakarta 30 Desember 2009 (Usia 69 tahun). Banyak khalayak ramai mengidolakan Gus Dur karena kesederhanaan hidupnya. Gus Dur sangat mencintai rakyat kecil, minoritas maupun kaum terpinggirkan.

Selama hidupnya Gus Dur banyak menginspirasi dengan kata-kata dan kalimat bijaknya. Salah satunya Gus Dur pernah berkata: 

"Menyesali nasib tidak akan mengubah keadaan. Terus berkarya dan bekerjalah yang membuat kita berharga."

Semoga inspirasi dari Gus Dur selalu hidup ditengah-tengah masyarakat Indonesia dan kita bisa belajar banyak dan dapat mengamalkannya dari kalimat-kalimat petuah lainnya yang pernah Gus Dur sampaikan.