Pengertian dan Manfaat dari Box Limbah Medis (Safety Box Medis)


Halo sobat CRT dimanapun kamu berada, apakah kamu pernah melihat dan menjumpai sebuah kotak kuning di rumah sakit, klinik atau saat kamu sedang antri vaksin Covid-19 neh?!

Nah, kita mau bahas neh kegunaan dari si kotak kuning tersebut ya sob.

Pengertian Safety Box
Safety box adalah kotak yang tahan terhadap tusukan jarum yang berguna menjadi tempat sampah untuk limbah medis seperti membuang jarum suntik (sesuai dengan standar WHO) yang telah dipakai oleh pasien/pengguna alat kesehatan sekali pakai (disposable). Safety box standar rumah sakit untuk menampung sementara limbah medis untuk kemudian dipindahkan ke tempat lainnya.

So, kalo begitu apa yah pengertian dan apa saja yang bisa disebut limbah medis itu ya?

Pengertian Limbah Medis
Limbah medis adalah sisa-sisa atau sampah yang dihasilkan dari kegiatan di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, laboratorium kesehatan dan klinik, maupun saat program vaksinasi nasional Covid-19 ya, sob! 

Contoh limbah medis antara lain darah, pipet, selang infus, alat suntik auto-disable bekas, kasa bekas pakai, jarum suntik bekas, hingga jaringan yang diambil saat operasi. Limbah ini jika tidak dikelola dengan baik, bisa menjadi sumber kontaminasi, bisa menularkan penyakit, sehingga diperlukan suatu box tempat sampah untuk menampung limbah medis ini sebelum dimusnahkan melalui pembakaran.

Jadi secara kesimpulannya bisa kita katakan bahwa Tujuan dari Penggunaan Safety Box adalah:
  1. Menampung dan membuang limbah-limbah medis bekas pakai yang terkontaminasi cairan infeksius sebelum dimusnahkan melalui pembakaran.
  2. Menurunkan resiko yang didapat dari kontaminasi jarum/alat suntik bekas/limbah benda tajam terhadap tenaga kesehatan (nakes) dan juga masyarakat umum.
  3. Menurunkan tingkat kemungkinan akan terjadinya infeksi silang dari penanganan yang tidak tepat dan pembuangan yang tidak aman.



So, sob setelah paham mengenai Pengertian dari Safety Box Medis dan Manfaat dari Kegunaannya, untuk pemesanan Safety Box Medis bisa menghubungi CS kami ya Sob.

PEMESANAN KONTAK:
WA: 081214919919

Tersedia dengan kapasitas 5L, 10L, 12.5L 
Kualitas sesuai standar WHO