Kemasan Plastik Kriteria Food Grade



Plastik dan produknya seperti wadah plastik menjadi pilihan perlengkapan rumah tangga dengan ragam model dan kegunaan. Faktor kemudahan, fleksibel, atau tidak mudah pecah, menjadi alasan mengapa banyak ibu rumah tangga mengoleksi wadah plastik untuk makanan dan minuman.

Namun jangan asal membeli produk wadah plastik. Perhatikan kadar aman migrasi bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Migrasi bahan kimia dari wadah plastik disebabkan oleh suhu makanan, kondisi penyimpanan dan pengolahannya. Semakin tinggi suhunya dan semakin lama makanan disimpan, maka semakin banyak bahan kimia yang bermigrasi.

Perlu juga diperhatikan, sebaiknya pilih wadah plastik yang berasal dari jenis termoplastik atau bisa didaur ulang lewat pemanasan ulang. Karena ada beberapa jenis plastik yang membutuhkan ratusan tahun untuk terurai secara alami. Faktor yang tak kalah pentingnya dalam memilih wadah plastik adalah juga plastik Food Grade. Yakni kemasan plastik yang direkomendasikan oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika.

Menurut FDA, kemasan plastik Food Grade dinilai aman bagi kesehatan untuk digunakan sebagai wadah makanan dan minuman. Dalam buku Serba-Serbi Plastik, Memilih Plastik Food Grade ada sejumlah kriteria plastik yang aman sebagai wadah makanan dan minuman, yakni:

  • Terdapat simbol gelas dan garpu
  • Terdapat tulisan Food Grade
  • Terdapat tulisan "Approved by FDA"
  • Merupakan merek dagang yang dipatenkan 


Memilih wadah plastik sebaiknya memperhatikan standar mutu dan keamanan pangan yang dikeluarkan lembaga berwenang, baik di negara asal atau di Indonesia.