Dampak ke Dunia Temuan Kertas Oleh Tsai Lun



Berkat temuan kertas pertama kali oleh Tsai Lun, ilmu pengetahuan didunia menjadi mudah cepat tersebar dan berkembang. Kertas merupakan media yang penting untuk memenuhi sifat alamiah manusia dalam menulis, melukis ataupun menggambar.

Karena sifatnya yang mudah menyerap air dan halus, kertas dipilih manusia sebagai media untuk mencurahkan apa yang ada di benak manusia, entah menggambar, mengirim informasi penting maupun menulis ilmu pengetahuan.

Kertas merupakan alat yang memiliki harga yang terjangkau sehingga dapat dimiliki semua kalangan. Barang ini juga diperlukan di semua lapisan, baik oleh pemerintah, akademisi maupun masyarakat. Hal ini juga ditunjang oleh kelebihan-kelebihan sifat dari kertas yang tidak dapat tergantikan oleh media-media yang lain.

Keberadaan kertas justru tidak sebegitu mudahnya dihilangkan. Adanya kertas masih sangat diperlukan oleh kaum intelektual. Masih banyak karya-karya besar yang dihasilkan lewat media kertas dan bahkan sudah mendunia, seperti buku Campbel untuk Biologi, buku Ensiklopedia, dan lain sebagainya.

Dalam dunia kuliner, kertas banyak digunakan sebagai bahan pembungkus makanan. Mulai dari penjual keliling, warung, sampai restoran tidak pernah melupakan jasa bungkus kotak dari kertas. Ibu-ibu juga menggunakan kertas sebagai pembungkus makanan dalam bentuk kertas minyak.

Kertas adalah temuan berharga yang tidak bisa luput dari keberadaan manusia. Kebutuhan alamiah manusia dalam menulis, menggambar, maupun melukis dapat dituangkan lewat media ini.

Kertas juga mendorong banyak penemuan baru yang memudahkan pekerjaan manusia. Lewat tulisan kertas pula, Leonard Kleinrock menemukan jaringan komunikasi yang di kemudian hari dikenal dengan nama internet. Berkat adanya kertas lah, saat ini manusia dapat mempelajari Teori Relativitas Enstein, Hukum Gravitasi Newton, dan tulisan-tulisan ilmuwan lain.

Diringkas dari artikel: Peran Kertas dalam Peradaban Modern
https://www.qureta.com/post/kertas-dan-modernitas
Oleh: Idrus Syahzaqi