APP Sinar Mas Group Raih Primaniyarta 2019



Dua anak perusahaan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, yaitu PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk mendapatkan penghargaan dalam kategori Eksportir Berkinerja, dan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk mendapatkan penghargaan kategori Pembangun Merek Global dalam acara Trade Expo Indonesia 2019, di Indonesia Convention Exhibition, Kota BSD, Tangerang.

Penghargaan Primaniyarta 2019 ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama dengan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Acara penghargaan ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) dan Kementerian Perdagangan Indonesia.

Penghargaan Primaniyarta yang diraih APP Sinar Mas tahun ini merupakan penghargaan ketujuh dari total 15 penghargaan yang telah diraih unit usaha APP Sinar Mas dalam kategori Eksportir Berkinerja dan kategori Pembangun Merek Global.

Sebelumnya, perusahaan meraih penghargaan yang sama pada tahun 2007, 2008, 2009, 2011, 2012, dan 2015. APP Sinar Mas sendiri selama ini telah mengekspor produknya ke lebih dari 150 negara.

Menurut laporan dari Observatory of Economic Complexity, Massachusetts Institute of Technology (MIT), nilai ekspor produk pulp dan kertas dari Indonesia mencapai nilai US$ 7,35 miliar setiap tahunnya, dan Indonesia menduduki peringkat kesepuluh penghasil kertas terbesar di dunia menurut laporan dari World Atlas.

Penghargaan Primaniyarta adalah penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah kepada eksportir yang dinilai paling berprestasi. Penghargaan yang telah diselenggarakan sejak tahun 1992 ini diharapkan dapat berperan sebagai salah satu pendorong bagi para pelaku usaha untuk terus meningkatkan prestasinya dalam bidang ekspor.