Jenis Kertas Minyak Makanan

Kertas Minyak Makanan
Produk kemasan makanan atau packaging makanan yang ramah lingkungan, kemasan makanan ramah lingkungan biasanya terbuat dari bahan kertas yang didesain dengan semenarik mungkin dan tidak berbahaya bagi makanan yang dikonsumsi. Jadi kertas ini sangat sesuai dipakai untuk restaurant atau tempat makan yang ingin menjual makanan untuk takeaway atau delivery oleh Ojol untuk konsumen.

Berikut kita bahan beberapa tipe produk kemasannya:

Kertas Tahan Minyak (Grease Prof) 
Jenis kertas ini digunakan untuk makanan dengan kadar lemak tinggi, karena kertas jenis ini mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap minyak. Untuk jenis makanan yang mengandung minyak lemak seperti untuk pembungkus nasi padang, cocok menggunakan jenis kertas Grease Prof.

Kertas Kraft 
Jenis kertas ini banyak digunakan untuk kemasan makanan seperti keju atau makanan sejenisnya. Kertas Kraft dibuat dari bubur sulfat dan kayu kraft yang berasal dari Swedia dan Jerman. Memiliki sifat yang lebih kuat dari kertas glassine, sehingga bahan makanan yang dibungkus dengan kertas ini akan tetap kering.

Duplex (Coated)  
Bahan duplex ini gampang dibedakan dengan bahan lainnya, Jenis kertas duplex ini memiliki satu sisi putih dan sisi yang lain bagian belakang berwarna abu-abu. Kertas Duplex umum dipakai sebagai alas buku jenis nota dan khususnya untuk pembuatan box packaging karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan bahan lainnya. Biasa dicetak hanya 1 sisi, di bagian sisi yang berwarna putih. Gramasi yang umum dipakai 250gr, 270gr, 310gr, 350gr, 400g.

Kertas Ivory 
Kertas Ivory adalah kertas yang aman untuk digunakan sebagai packaging makanan. Kertas ivory ini memiliki dua sisi berwarna putih dengan tekstur yang berbeda. satu sisi bertekstur halus dan sisi satunya lagi sedikit kesat seperti HVS. Biasanya kertas ivory digunakan untuk box makanan atau packaging makanan karena cukup tebal dan kokoh. Dan yang menjadikan kertas ivory ini lebih banyak peminatnya adalah karena kesan eksklusifnya. Packaging makanan di restoran sekarang pun banyak yang menggunakan kertas ivory sebagai bahan dasar dus makanan mereka selain aman untuk makanan, kertas ini juga kelihatan lebih mewah.